Senin, 12 Oktober 2009

BAHASA INDONESIA

RAGAM BAHASA
1. Pengertian ragam bahasa ?
Jawab :
Ragam bahasa adalah variasi bahasa menurut pemakaian, yang berbeda-beda menurut topik yang di bicarakan, menurut hubungan pembicaraan, kawan bicara, orang yang di bicarakan, serta menurut medium pembicara.

2. Sebutkan dan jelaskan yang menimbulkan ragam bahasa ?
Jawab :
Ragam bahasa terjadi karena adanya aktivitas yang menyebabkan dua orang atau lebih saling berinteraksi. Dalam ragam bahasa juga terdapat banyak berbagai cara dalam pengucapannya misalnya jika kita sedang dalam berkumpul bersama teman - teman kampus biasanya menggunakan ragam bahasa tidak baku dan sedangkan dalam suasana yang resmi seperti di kantor, di kampus bertemu dengan dosen, atau di pertemuan resmi dan sebagainya, di haruskan menggunakan bahasa baku.

3. Sebutkan dan jelaskan penerapan ragam resmi berdasarkan media ?
Jawab :
Pidato HUT proklamasi = dalam ragam bahasanya menggunakan ragam bahasa resmi dan baku.
Pidato Upacara hari senin = menggunakan ragam bahasa baku juga karena dalam hal ini wajib menggunakan bahasa baku. agar setiap pembina memberikan pidatonya dapat tersampaikan kepada para siswa.
Surat undangan = disini juga menggunakan ragam bahasa resmi, karena dalam hal ini tujuannya adalah menggundang orang untuk datang dengan menggunakan bahasa resmi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar